Stop Berkata Anjay, Wanjay, Njir! Ini Arti Kata Dan Hadistnya

Arti kata Wanjay, Anjay, njir, Anjir dan hukum mengucapkan kata tersebut - Halo hay hay pengunjung Olzz Blogzz kali ini gw akan membahas tentang arti kata Anjay dan hadist mengucapkan nya.

Kata-kata tersebut biasa di sebutkan di media sosial terumata facebook dan whatsapp.

Sebenarnya kata ini sudah lama di gunakan sekitar 1-2 tahun lalu di gunakan, tapi sampai sekarang kata ini masih tetep di pake.

Ok langsung tanpa basa-basi lagi berikut adalah penjelasan mengenai arti kata Anjay.
apa itu anjay ini penjelasannya dalam bahasa gaul
Anjay = Dog
Arti Kata Anjay
Sebenarnya kata Anjay ini merupakan kata plesetan dari kata "anjing" agar tidak kasar untuk di dengar.

Ada banyak juga kata plesetan yang sama seperti Anjay contohnya : "Anjir", "Njier", "Anjay", "Anjrit". Kata-kata tersebut memiliki arti yang sama yaitu "anjing", hanya saja plesetannya sedikit berbeda supaya halus di dengan dan tidak kasar.

Contoh percakapan yang sering menggunakan kata Anjay :

A : Skuy Lah Mabar Papji Kita
B : Ok Otw Login
A : Anjay Ngelag Banget 
B : Mampoz

Hukum Mengucapkan Kata Anjay Dalam Islam :

كَانُوا يَقُولُونَ: إِذَا قَالَ الرَّجُلُ لِلرَّجُلِ: يَا حِمَارُ، يَا كَلْبُ، يَا خِنْزِيرُ؛ قَالَ اللَّهُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أَتَرَانِي خَلَقْتُ كَلْبًا أَوْ حِمَارًا أَوْ خِنْزِيرًا؟

“mereka (para tabi’in) dahulu mengatakan, jika seseorang mencela orang lain dengan perkataan 'wahai keledai', 'wahai anjing', ‘wahai babi‘ maka kelak Allah akan bertanya kepadanya di hari kiamat: ‘apakah engkau melihat Aku menciptakan (dia) sebagai anjing atau keledai atau babi?’” (Hadist riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 5/238).

لَا تَقُلْ لِصَاحِبِكَ: يَا حِمَارُ، يَا كَلْبُ، يَا خِنْزِيرُ. فَيَقُولَ لَكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أَتُرَانِي خُلِقْتُ كَلْبًا أَوْ حِمَارًا أَوْ خِنْزِيرًا؟

“Jangan engkau berkata kepada temanmu ‘wahai keledai‘, ‘wahai anjing‘, ‘wahai babi‘. Sehingga kelak di hari kiamat engkan akan ditanya:  ’apakah engkau melihat aku diciptakan sebagai anjing atau keledai atau babi?’” (Hadist riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf 5/282).

An Nawawi rahimahullah dalam kitab Al Adzkar (365) :

ومن الألفاظ المذمومة المستعملة في العادة قوله لمن يخاصمه: يا حمار، يا تيس، يا كلب، ونحو ذلك، فهذا قبيح لوجهين: أحدهما: أنه كذب. والآخر: أنه إيذاء


“diantara lafadz yang tercela yang biasa digunakan orang untuk mencela orang yang berselisih denganya adalah perkataan ‘wahai keledai‘, ‘wahai kambing‘, ‘wahai anjing‘ atau semacamnya. Perkataan ini tercela dari 2 sisi: (1) itu merupakan dusta (2) itu merupakan gangguan terhadap orang lain”. Sumber.wanjay.com.

(QS Al Anfal 8 : 22, 55)“Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah; orang-orang yang pekak dan tuli yang tidak mengerti apa-apapun”“Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah orang-orang yang kafir, karena mereka itu tidak beriman”

Akhir kata :
Nah itu dia Arti Kata Anjay dan Hukum Islam, Semoga bermanfaat dan makasih sudah berkunjung jangan lupa di share yah nantikan artikel terbaru lainnya di Olzz Blogzz.
Maaf nih kalo sobat manganggap saya sok suci atau apalah padahal saya cuma mau mengingatkan kepada sobat semua.

Source : wanjay.com

4 Responses to "Stop Berkata Anjay, Wanjay, Njir! Ini Arti Kata Dan Hadistnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel